Data pada tabel mengindikasikan adanya kesenjangan signifikan dalam hal kemampuan literasi baik digital dan buku antar wilayah provinsi di Indonesia.
CSR Literasi dapat menjadi peluang strategis bagi perusahaan untuk berkontribusi mempersempit kesenjangan ini. Dengan menginisiasi program CSR Literasi, perusahaan tidak hanya mendukung penguatan kapasitas masyarakat di bidang literasi, tetapi juga meningkatkan citra positif perusahaan sebagai agen perubahan sosial.
Selain itu, program literasi yang relevan dengan kebutuhan sesuai dengan penerima, misalnya sekolah, kelompok masyarakat dan komunitas akan dapat memperluas nama baik perusahaan khususnya untuk wilayah dengan tingkat literasi yang lebih rendah.
Perusahaan juga dapat memanfaatkan momentum ini untuk membangun dan memperkuat relasi yang lebih kuat dengan masyarakat lokal maupun pemangku kepentingan.
Sehingga diharapkan mampu membuka peluang kolaborasi, dan menciptakan dampak sosial berkelanjutan, yang pada akhirnya mendukung pertumbuhan bisnis secara jangka panjang.